Yamaha Mendapatkan Improvement dari Seamless Shift Gearbox

Valentino Rosi Brno Yamaha Test 2013Melanjutkan hasil tes Yamaha di Brno, David Emmett, motomatters, melakukan sebuah analisa mendalam tentang seamless shift gearbox Yamaha berdasarkan audio dari video tes Yamaha di Brno yang di-upload oleh seorang fans ke youtube.

Menurut motomatters, seamless shift gearbox Yamaha ini memberikan perubahan yang sangat signifikan.

Gearbox YZRM1 yang saat ini digunakan, rata-rata memerlukan waktu 0.038 detik dalam setiap perpindahan gigi transmisinya. Gearbox baru yang di uji coba di Brno kemarin memerlukan waktu rata-rata hanya 0.016 detik untuk perpindahan gigi transmisi. Big Jump !

Namun demikian, efek lain dari gearbox baru ini sebenarnya bukanlah mengurangi shift-time. Gearbox baru ini diharapkan akan memberikan kestabilan lebih bagi Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saat melakukan perpindahan gigi.

Saat ini YZRM1 lebih sering berguncang saat pembalap mereka memindahkan gigi transmisi. Pesaing mereka, Honda dengan RCV nya, jauh lebih halus saat melakukan perpindahan gigi, bahkan saat menikung dimana pembalap merebahkan badan mereka.

Dibandingkan dengan RCV pula, shift-time ini masih berbeda jauh. RCV mampu melakukan transmisi hanya dalam waktu 0.009 detik. Wow!

Belum ada keputusan apakah gearbox baru ini akan digunakan Yamaha di sisa musim 2013 ini. Mengingat apakah gearbox tersebut dapat diaplikasikan di mesin M1 yang sekarang.

Ditambah lagi saat tes kemarin muncul masalah dimana Valentino Rossi yang melebar ke gravel, kesulitan untuk kembali menjalankan motornya (padahal mesin masih menyala). Menurut sumber di Brno, sesaat sebelum melebar saat Rossi menurunkan gigi transmisinya ke yang lebih rendah, terdengar bunyi yang cukup mengerikan. Hal ini mungkin yang akan menjadi pertimbangan lebih bagi tim engineer Yamaha.

Advertisement

Comments are closed.